12/03/16

Review Riding BeAT ESP setelah 10 bulan pemakaian

Hallo sobat oto, gmn kabarnya? Ga berasa sudah memasuki bulan ketiga tahun 2016. Tulisan kali ini oto mau bahas tunggangan oto yg udah hampir setahun nemenin oto kesana kesini juga sebagai moda transportasi utama oto untuk berangkat dan pulang kerja. Irit ongkos sob, kalo naik angkot wah bisa jebol juga penghasilan cuma buat ongkos. 

Oke langsung aja oto mau Share pengalaman dan kesan oto mengenai motor oto ini yaitu honda beat esp yang oto mulai masuk ke garasi per Mei 2015. Hmm..sedikit mengulang ingatan lagi ke tahun lalu dimana oto mulai bekerja di kawasan bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Awalnya tunggangan oto adalah honda karisma 125 jebolan 2004. Usia motor yang sudah tidak muda lagi dikala itu, sempat 2 kali turun mesin karna fenomena seher gancet :D dan terakhir pun masuk rumah sakit khusus metode alias bengkel lagi gara2 kasus sama jadi total 3x turun mesin membuat oto memutuskan untuk mencari tunggangan pengganti. Yang pasti harus mobile, tangguh, irit dan harga masih masuk akal untuk sekedar kendaraan operasional oto. Maka dipilihlah type skutik, tapi merk nya apa???? Nah lhoo..
Dari 3 merk teratas yang oto pilih ada beberapa Faktor diantaranya irit, sudah injeksi, sparepart mudah, bengkel resmi banyak, kw maupun aftermarket part nya juga berjibun maka oto persempit jadi 2 merk yakni Yamaha dan Honda.
Sempet nyoba atau pernah beberapa kali pake matik yamaha menurut oto pribadi segi model dan teknologi sangat baik. Tapi kayanya ciri khas matik yamaha itu tarikan awalnya berat alias ga responsif mek di topspeed diatas honda. Nah honda kebalikan nya responsif di awal dan akan makin melemah akselerasi nya di putaran atas. Karna jalur oto tipikal stop n go sehingga butuh motor yang responsif maka akhirnya jatuh ke merk honda tapi sekali lagi....yang mana honda nya? Mana mana?? :D wkwk.

Oke tadi diatas ada faktor irit, tentu matik honda hampir bisa dikatakan semuanya "irit", faktor2 lain juga masih bikin bingung nah..tapi lho ini tapi tadi oto juga bilang kan harganya harus yang masuk akal setidaknya masuk diakal oto :D. Pilihan jatuh ke honda beat sob.

Skip..skip..skip...motor udah di rumah, nugguin stnk jadi hampir 3 minggu, begitu ada stnk n plat oto bawa kerja deh. Kesan awal puas banget sama mesin esp di matik entry level ini. Yang bikin kaget diawal itu sudah tidak ada suara blegur2 saat menggunakan elektrik starter. Sepi banget sob starter nya..wkwk.
‎Pake motor ini oto rasakan nyaman, konsumsi bahan bakar juga "relatif" irit. Kenapa kok pake relatif, ya menurut oto sih masuk nya irit, 15ribu pp Bekasi - Tangerang, atau 15 ribu untuk 4 hari bila oto sedang berada di rumah saudara di dekat bandara sudah termasuk irit buat oto. Oia itu oto pake pertalite ya. Dari awal motor ini hanya baru beberapa kali kena premium sob. Sering nya pertamax, tapi setelah hadir pertalite oto mulai pake jenis bbm tsb sampe skrg dan konsisten pake itu. 

Oli mesin awal2 oto pake oli resmi AHM tapi terakhir oto pake oli enduro matik, karena mesin ga enak di denger pas pake oli mpx dan spx sami mawon ribut nya tu suara mesin. Juga mesin seperti sangat2 panas. Oto kan trauma sama yang namanya overheats. Oia oto belum ganti oli lagi nih sudah masuk km 4000 tak oli enduro masih baik untuk mesin dengan indikasi mesin motor masih responsif, tidak loyo dan masih mampu dengan cepat meredam panas motor  ketika sudah sampai rumah.


Oke masuk ke si motor nih, oto ambil Beat esp yang sporty so dari segi design ga ada yang berubah. Hanya Di beberapa bagian aja yang beda dari versi sebelumnya, posisi duduk nya nyaman ga bikin pegel tapi oto berasa masih terlalu tegak untuk oto yang punya tinggi 171cm. Lampu depan sudah oto ganti pake led 4 sisi, cukup baik dari bulan 6 melengkapi ini motor. 
Dari segi mesin oto tidak terlalu paham yang jelas suara blegur2 hilang karna teknologi esp ini dan absen nya dinamo starter yang kini sudah menyatu dengan spull atau disebut acg starter.

Dari segi handling dengan ergonomi yang nyaman cukup baik, ban depan belakang sudah oto rubah ke FDR Facio tubeless depan 80/80 belakang 90/80, cukup baik ditikungan. Namun di jalan lurus nan panjang seperti di parimeter Utara / Selatan bandara, diatas 70 kmph motor sudah mulai seperti terbang padahal berat oto diatas 70kg. Dari segi suspensi ini motor rupanya shock depan nya lebih keras dibandingkan shock belakang yang kelewat empuk menurut oto sehingga kalo boncengan motor berasa amblas ke dasar bumi...wkwk lebay :D. Ada rencana oto untuk mengganti suspensi belakang ke yang medium Hard kaya shock YSS tapi berhubung kemaren abis beli helm NHK jadinya nanti aja deh. Tapi harus kebeli kok. Sudah niatan.


Oke kayanya itu dulu Sharing Review atau Ulasan penggunaan motor honda beat esp dari oto. Kesimpulan nya untuk kelas matik entry level motor ini menjadi pilihan yang patut diperhitungkan dan patut dipertimbangkan. Dan selama ini oto sudah puas dengan motor ini. Kekurangan dan kelebihan biarlah sobat oto semua yang menentukan, ini hanyalah semua yang oto rasa selama menggunakan motor ini dan tentu hasil berbeda pada setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mangga Dikomen Sob