15/03/16

Review Pengalaman Pemakaian Ban FDR FACIO Daily Use

     Hallo sobat oto, gmn kabarnya? Baru aja beberapa hari kemaren oto Share tentang riding impression tunggangan oto yaitu honda beat, di kesempatan kali ini oto mau coba Sharing lagi. Nah sekarang yang mau oto Share adalah tapak-tapak kaki dari si All New Honda BeAT ESP...yup...Bener mau Share pengalaman pemakaian ban si BeAT ini.


     Alasan oto mengganti ban sebenarnya bukan karena ban bawaan udah botak, tapi oto merasa aman menggunakan ban tubeless. Karena pengalaman buruk pernah terjadi pada oto. Tengah malem pulang kerja ban si beat kena ranjau paku di jalan daerah semanggi ya alhasil bocor lah ya. Bayangin aja, jam 3 an pagi mana ada yang buka, beruntung dekat lokasi bocor  ada tukang tambal ban yang tinggal di bedeng(baca : gubuk) disitu juga. Oto ketok2 tu bedeng sampe si mpu nya bedeng keluar dengan muka khas org baru melek. Lalu oto ceritain mksd dan tujuan...cailaaahhh. Skip skip..
     Setelah di cek ban dalam sobek harus diganti. Dan you know what? 1 ban dalam dengan merk tak jelas digetok dengan harga 75ribu..tawar- ditawar akhirnya kena lah di harga 50ribj. Ya sudah lah karna ga ada lagi yang buka dan badan oto pun sudah sangat letih maka jadilah transaksi tersebut :D. Sejak itu oto mulai cari ban tubeless murah meriah tapi bagus. Hasilnya? Ga ada yg murah meriah tapi bagus hahahaha :D harga sebanding dengan kualitas. 

    Skip skip..akhirnya setelah Browsing kiri kanan depan belakang. Tanya teman, sodara, orang lewat, orang gila akhirnya dapat 1 merk yang memang ga asing sih. Yep...ban merk FDR. Tapi masih bingung donk tipe nya yang mana? Beli nya yg rekomen dimana? Makin banyak deh tuh pertanyaan :D Hahahaha.
     Oke langsung ke intinya aja. Oto akhirnya memutuskan beli ke salah satu franchise bengkel khusus ban yang termasuk baru..bukan..bukan plan**ban, oto pilih Pr*ban. Harga relatif sama dgn plan**ban tapi pelayanan ramah walau awalnya oto cuma nanya2 doank. Bahkan sebelum ke TKP oto telepon dan banyak tanya disitu pun dilayani dengan ramah. Ga seperti plan**ban, oto mampir sebentar lihat2 dan karna ga nemu oto bilang "mas Fdr type anu ada ga?", si mas2 tengil nanggung itu jawab dgn nada dan muka sengak bin songong "wah mas carinya yang ada aja lah, yang kosong malah ditanyain" dan setelah ngomong gitu dia melengos aja..(jadi curhat).

     Oke nih, alasan oto pilih Fdr awalnya merk ini udh ga asing, terus oto pilih yang type facio tubeless itu karna pertama motif unik, karna kaya batik, anti mainstream, terus juga karna harganya msh dibawah Fdr genzi, sport xr ( kalo ga salah nama ya)...Facio yg oto pake bukan yg EST atau eco smart technology nya ya, masih facio yang biasa. EST itu apa? meneketehe tapi katanya dan intinya sih teknologi Fdr yg memungkinkan ban bergulir lebih jauh saat kondisi lepas gas tanpa di rem jd di klaim lebih irit BBM.
Karna udah kepanjangan langsung ke kesan2 awal pake ban ini. Yang oto rasain ga ada yng istimewa kecuali motif dan tubless nya aja. Lain nya? Ya sama aja lah org bentuk nya sama2 lingkaran kok :D. Dilihat secara fisik ban ini mempunyai kembang dengan ukiran yang dalam. Ukuran 80/80 depan dan  80/90 belakang membuat ban ini semi racing karna tapak ban membulat pada sisi ban nya, saat digunakan agak merebah( ga rebah2 amat sih) saat menikung terasa kompon ban ini bekerja baik pada aspal, cenderung stabil tidak ada feel geser/gelosor pada ban. Tapi ini kondisi aspal kering cenderung panas lho ya. Kalo basah oto ga berani karna safety gear oto cuma helm aja lainnya masih standar jd takut ah jatuh kan sakit cuy...:( . Reaksi ban dirasa menggigit sekali saat di rem,ya termasuk pakem lah untuk di motor matik, tapi tidak ngesot mungkin karna ban masih termasuk baru. Oia beli ban ini sekitar bulan november kalo g salah jadi skrg sudah sekitar 4 bulan ya? Nah ban ini dari awal sampe skrg feel nya masih sama. Hanya saja untuk ban depan kurang enak kalo ban depan diisi dengan tekanan 28 psi, seperti nya lebih nyaman di 26 psi saja. Ban belakang lebih baik tekananya antara 30-32 psi ( kalo sendiri 30 psi aja cukup). 

     Sisi-sisi ban termasuk keras, mungkin ini tipikal ban tubeless kali ya? Jd saat kena jalan bergelombang atau polisi tidur sangat terasa guncangan nya ke pantat oto hahahaha :D padahal Beat oto sebelum nya ga berasa gini lho.
     Kesimpulan oto bahwa ban ini sepertinya cocok untuk motor daily use dengan trek yang relatif mulus, jarak bukan masalah yang penting trek nya ga terlalu banyak lubang atau polisi tidur karna cukup membuat badan pegel. Untuk trek basah juga ban ini masih relatif aman asal riding nya ga tengil alias rebah2. Kelebihan lainnya ya khas nya ban tubeless aja lah. Kekurangan pun tadi oto sudah buka diatas. Paling tidak inilah kesimpulan sementara yang oto bisa Share ke sobat oto semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dalam memilih ban motor yang hendak kalian pakai.

Be Smart, Becarefull, and keep safety riding.

3 komentar:

  1. Harganya berapa waktu beli fdr facio ini depan belakang berapa totalnya?

    BalasHapus
  2. Blkg harganya 230rb. Kl depan 220rb

    BalasHapus
  3. Gmn rasanya ban facionya bang

    BalasHapus

Mangga Dikomen Sob